Berita

Klaster Perguruan Tinggi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menjelaskan bahwa klasterisasi merupakan upaya Ditjen Dikti untuk melakukan pemetaan atas kinerja perguruan tinggi akademik Indonesia yang berada di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Klasterisasi ini bukanlah pemeringkatan namun pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya. Klasterisasi ini jangan disalah maknai sebagai pemeringkatan," jelas Nizam mengawali paparannya.

Dari hasil analisis terhadap data-data dari 2.136 perguruan tinggi yang tersedia maka diperoleh hasil klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 yang terdiri dari 5 (lima) klaster perguruan tinggi dengan komposisi klaster 1 berjumlah 15 perguruan tinggi, klaster 2 berjumlah 34 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 97 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 400 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 1.590 perguruan tinggi.

Stikes Muhammadiyah Sidrap berada di peringkat 503 secara Nasional, naik dari peringkat sebelumnya yang berada di angka 700 lebih. Khusus di daerah Sulawasi, Stikes Muhammadiyah Sidrap berada di peringkat 39 dari dari 327 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Sulawesi.